Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 3 No 1 (2021): Februari 2021

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 19 Semarang

-, andi permana (Unknown)
Handayani, Dwi Asih (Unknown)
Indarwati, YM (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Latar belakang masalah adalah masih adanya beberapa siswa yang memiliki karakter yang rendah. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bagi pihak sekolah. Karena di khawatirkan akan mengganggu proses belajarnya dan juga kehidupan bersosialnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keadaan karakter siswa-siswi di SMP Negeri 19 Semarang; 2) Mendeskripsikan efektivitas layanan Bimbingan Kelompok dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 19 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), di lakukan dua Siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 19 Semarang yang terdiri dari 8 siswa yaitu 4 laki-laki dan 4 perempuan, serta Guru SMP Negeri 19 Semarang yang bernama Ibu Maryati S. Pd. Hasil penelitian berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah dari hasil angket prasiklus presentase siswa mendapat 48,2% dan ada dalam kategori cukup. Kemudian dari hasil angket pascasiklus presentase siswa mendapat 75,8% dan masuk dalam kategori baik. ini menunjukkan adanya perubahan dari prasiklus sampai ke pascasiklus dengan perubahan presentase sebesar 27,6%. Kemudian dari observasi layanan Bimbingan Kelompok pada siklus I yaitu sebesar 51,85% dan pada siklus II yaitu sebesar 73,7%, belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Simpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan dilakukannya layanan Bimbingan Kelompok dapat memberikan perubahan yang baik bagi karakter siswa di SMP Negeri 19 Semarang dilihat dari total presentase prasiklus dan pascasiklus. Layanan Bimbingan Kelompok belum efektif karena hanya mendapat presentase sebesar 73,7% pada akhir siklus II, ini belum mencapai indikator keberhasilan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...