Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1: April 2022

Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara

Ni Kadek Dwi Yuniani (Unknown)
Asrin (Unknown)
Mohammad Liwa Ilhamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA, (2) mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA, dan (3) mengetahui hubungan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara yang berjumlah 214 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 139 peserta didik. Data kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi peserta didik dikumpulkan dengan instrumen berbentuk kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA  dengan   kategori   rendah  yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,253 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan garis regresi Y = 71,174 + 0,160 X1 dengan presentase hubungan sebesar 6,4%, terdapat hubungan yang signifkan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,303 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan garis regesi Y = 67,257 + 0,214 X2 dengan presentase hubungan sebesar 9,2%. Dan terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,341 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 61,840 + 0,106 X1 + 0,173 X2 dengan persentase hubungan sebesar 11,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendagogia

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, ...