Penelitian ini betujuan (1) Untuk mengetahui adanya efektifitas pembelajaran IPA berbasis media vlog berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam belajar dimasa pandemi Covid-19. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik dalam menggunakan media berbasis vlog berbantuan LKPD pada mata pembelajaran IPA materi pencemaran tanah dimasa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar berdistribusi normal serta berdistribusi homogen. Sedangkan untuk angket keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen menujukkan ?sangat aktif? serta kelas kontrol rata-rata menunjukkan ?tidak aktif?. Simpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran menggunakan media vlog berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dimasa pandemi covid-19 cukup efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan media powerpoint berbantuan LKPD tanpa vlog dilihat dengan nilai N-Gain yang diporoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 43,84. (2) Terdapat peningkatakan kemampuan analisi peserta didik yang dibuktikan dengan hasil nilai rata-rat LKPD kegiata 1 pada kelas eksperimen lebih besar yaitu 78,3 sedangkan kelaskontrol sebesar 65,83 dan kegiatan 2 pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 79,67.
Copyrights © 2022