JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 6 No 1 (2022)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBASIS PERMAINAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Indah Tri Apriliani (Unknown)
Muriani Nur Hayati (Unknown)
M. Aji Fatkhurrohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik antara model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis permainan kearifan lokal dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) tanpa berbasis permainan kearifan lokal dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbasis permainan kearifan lokal dengan TGT (Team Games Tournament) tanpa berbasis permainan kearifan lokal. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 5 Adiwerna tahun ajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sample yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dengan menggunakan lembar tes, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent t-Test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat komunikasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai presentase sebesar 73,06% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai presentase sebesar 60,5% termasuk dalam kategori cukup baik. Serta terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan dibuktikan hasil analisis Uji T (Independent Sample T-test) yaitu didapat nilai sig (2- tailed) sebesar 0.010 atau lebih kecil dari 0.05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...