DedikasiMU: Journal of Community Service
Vol 4 No 2 (2022): Juni 2022

MENUMBUHKAN NILAI KESALEHAN SOCIAL MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN PARTISIPATIF

Abdul Kholid Achmad (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Alfina Indah Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Mahasiswa dapat menjalankan misi dakwah Muhammadiyah sebagai organsiasi social yang dikenal dengan teologi Al Ma’un, diperlukan pendekatan pembelajaran yang menggembirakan dan mencerdaskan melalui praktik nyata sehingga dapat menumbuhkan nilai kesalehan social mahasiswa sebagai wujud luaran dari pembelajaran Al Islam dan Kemummadiyahan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah pendidikan partisipatif melalaui kegiatan sosialisasi, pendampingan pembuatan program dan kegiatan, serta melaksanakan makna Al Maun yang sebenar-benarnya dengan aksi nyata. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yakni: (1) terimplementasikannya pemahaman surah Al Ma’un dalam bentuk aksi nyata (dakwah bil hal), (2) terinstitusionalisasikannya aksi social mahasiswa (AKSIMU), (3) pembelajaran AIK menghadirkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam ranah kognitif, psikomotik, afektif dan independent critical thinking, (4) media dakwah institusi dan Persyarikatan, (5) kesadaran filantropy berkelanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasimu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Electrical & Electronics Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal DedikasiMU merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mewadai hasil pengabdian dosen, praktisi atau mahasiswa kepada masyarakat yang menerapkan model ataupun konsep dalam bidang pendidikan, teknik, kesehatan, psikologi, sosiologi, hukum, pertanian, ekonomi dan keagamaan yang bertujuan ...