Berajah Journal
Vol. 2 No. 2 (2022): May

LKS PRAKTIKUM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN KIMIA PADA SEMESTER GANJIL DI KELAS XI.MIPA2 SMAN 1 JALAKSANA

Povi Julijanty M. (SMA Negeri 1 Jalaksana, Kabupaten Kuningan)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Pada dasarnya tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman 35 orang siswa terhadap materi pembelajaran Kimia yang mereka pelajari di kelas XI.MIPA2 SMAN 1 Jalaksana pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 2 siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, LKS praktikum, dan tes tulis. Selanjutnya data yang terkumpul diolah menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian telah menjawab hipotesis penelitian dan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Kimia yang sangat signifikan. Terdapat aktivitas pembelajaran siswa yang positif hingga mencapai 92% dan aktivitas pembelajaran guru yang sangat positif hingga mencapai 100%. Kemudian respon siswa terhadap pembelajaran melalui penjaringan angket pembelajaran mencapai 95%. Sedangkan kemampuan siswa menyelesaikan LKS praktikum menunjukkan nilai rata-rata sebesar 92 dan nilai rata-rata tes tulisnya mencapai 90 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 94%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...