Reformasi administrasi secara sistematis sejak tahun 2010. Untuk mengatasi kelambatan pelayanan perizinan, dan menciptakan birokrasi yang memiliki kualitas pelayanan guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional. Urgensi diperlukan digitalisasi, agar proses penyelenggaraan pelayanan publik memberi kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya melalui transformasi digital yang diterapkan melalui prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa transformasi digital yang diterapkan dalam prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa masih terdapat beberapa golongan masyarakat yang mengalami kendala terkait prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan. Belum meratanya informasi tersebut disinyalir memiliki beberapa faktor, yaitu kurangnya wawasan terkait program tersebut, dan kebiasaan buruk masyarakat yang membuat BPJS di saat yang mendadak (sakit, melahirkan, dll).
Copyrights © 2021