Penelitian ini adalah meningkatkan hasil kreatifitas siswa kelas V SDN 009 Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu melalui penggunaan media gambar. Penggunaan media gambar adalah pembelajaraan yang memanfaatkan gambar organ-organ tubuh manusia sehingga siswa dapat lebih mudah mengetahui letak dan fungsi organ tersebut. Masalah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di SD 009 Kepenuhan Hulu, penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa seiring dengan diterapkannya media Gambar. Hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I yakni rata-rata 68 dan persenrase keruntasan klasikal 73 % , pada siklus II diperoleh aktivitas siswa rata-rata 74 persentase ketuntsan klasikal 87. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II yaitu skor rata-rata pada siklus I adalah 76 dan persentase ketuntasan klasikal 90 % dan skor rata-rata pada siklus II yaitu 80 dan persentase ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD 009 Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu,Riau
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019