Relevan
Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS STRATEGI INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Ainun Palihah (UIN Sumatera Utara)
Nurmawati (UIN Sumatera Utara)
Riri Syafitri Lubis (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan induksi matematika di kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA MAN 3 Mandailing Natal. Dipilih sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 dengan jumlah 20 siswa dan XI MIA 2 dengan jumlah 20 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan maslah siswa di kelas XI MIA 1 dan MIA 2 dengan nilai sig (2- tailed) atau P-value sebesar 0,008. Kesimpulannya terdapat efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Inquiry; Discovery Learning; Pemecahan Masalah.   ABSTRACT         This study aims to determine the effectiveness of inquiry learning and discovery learning strategies on students' problem solving abilities on the subject of mathematical induction in class XI MAN 3 Mandailing Natal. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all class XI MIA MAN 3 Mandailing Natal. A sample of 2 classes was selected, namely class XI MIA 1 with 20 students and XI MIA 2 with 20 students. Data analysis was conducted by using independent sample t-test. These findings indicate that there is an effective use of inquiry learning and discovery learning strategies on the problem solving ability of students in class XI MIA 1 and MIA 2 with a sig (2-tailed) or P-value of 0.008. In conclusion, there is the effectiveness of inquiry learning and discovery learning strategies on students' problem solving abilities.  Keywords : Inquiry; Discovery Learning; Solution to problem.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...