Relevan
Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN NHT DAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Winda Septiara (UIN Sumatera Utara)
Masganti Sitorus (UIN Sumatera Utara)
Yahfizham (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara strategi pembelajaran Numbered Head Together dan Time Token terhadap motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa pada materi matriks di Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket motivasi dantes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil temuan ini menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar matematika, dengan besar pengaruh harga thitung = 9,817 dan t tabel = 2,055. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar matematika, dengan besar pengaruh harga thitung = 7,469 dan ttabel = 2,055. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, dengan besar pengaruh harga thitung = 4,341 dan ttabel = 2,055. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar matematika, dengan besar pengaruh harga thitung = 6,722 dan ttabel = 2,055.   ABSTRACT                      This study aims to determine the effect of Numbered Head Together and Time Token learning strategies on mathematics learning motivation and students' mathematics learning outcomes on matrix material in Class XI MAS PAB 2 Helvetia. Data was collected using instruments in the form of motivational questionnaires and students' mathematics learning outcomes tests. Data analysis was performed by t test. These findings indicate: 1) There is a significant effect on the mathematics learning motivation of students who are taught with the Numbered Head Together (NHT) learning strategy on the mathematics learning motivation, with a large effect on the price of t_count = 9.817 and t_table = 2.055. 2) There is a significant effect on the motivation to learn mathematics of students who are taught with the Time Token learning strategy on the motivation to learn mathematics, with a large effect on the price of t_count=7,469 and t_table=2,055. 3) There is a significant effect on the mathematics learning outcomes of students who are taught with the Numbered Head Together (NHT) learning strategy on mathematics learning outcomes, with a large effect on the price of t_count = 4.341 and t_table = 2.055. 4) There is a significant effect on the mathematics learning outcomes of students who are taught with the Time Token learning strategy on mathematics learning outcomes, with a large effect on the price of t_count = 6.722 and t_table = 2.055.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...