Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengatahui pengaruh manajemen pembelajaran terhadap profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Samarinda. Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan hasil maksimal. Realita di lapangan, sebagian guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Samarinda belum sepenuhnya profesionalitas seperti yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan upaya meningkatkannya, antara lain dimulai dari menciptakan budaya manajemen pembelajaran yang baik dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, rumusan masalah yang diangkat yaitu apakah terdapat pengaruh manajemen pembelajaran terhadap profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Samarinda. Sedangkan tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui pengaruh manajemen pembelajaran terhadap profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian menggunakan metode statistik deskriptif yaitu statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan semua guru. Responden dalam penelitian ini adalah semua guru bidang studi di SMA Negeri 5 Samarinda. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Setelah data dikumpulkan maka penulis akan menganalisa data menggunakan kolerasi product moment. Hasil pengujian hipotesis diperoleh, nilai thitung 6.948 > ttabel 1.997 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen pembelajaran terhadap profesionalitas guru SMA Negeri 5 Samarinda. Pengujian analisis kolerasi produt moment diperoleh angka sebesar 0,652818. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran terhadap profesionalitas guru terdapat pengaruh yang kuat/tinggi. Sehingga, dapat simpulkan bahwa profesionalitas guru di SMA Negeri 5 samarinda tergolong tinggi dalam menerapkan manajemen pembelajaran.
Copyrights © 2019