Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Big book pembelajaran pada sub tema indahnya keragaman budaya negeriku pada muatan IPS di kelas IV dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 026609 Binjai. Sampel dalam penelitian ini dalah siswa kelas IV di SD Negeri 026609 Binjai Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 026609 Binjai Selatan yang beralamat di Jalan Sei Babalan Pujidadi Kecamatan Binjai Selatan. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dari bulan Maret sampai bulan April Tahun Pelajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data digunakan tes dan angket. Teknik analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan nilai gainc score diperoleh nilai rata-rata gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai gains score pada kelas kontrol yaitu 0,46 dengan kategori sedang. Hasil penelitian nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Nilai pretest kelas eksperimen sebelum menggunakan big book rata-rata 45,28. Pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 45,12. Sedangkan nilai postes siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan big book rata-rata 86,80. Nilai posttest kelas kontrol memperole rata-rata sebesar 72,40 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan big book sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2021