Al Hikmah : Jurnal Studi Keislaman
Vol. 7 No. 1 (2017): AL HIKMAH

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF-INTERKONEKTIF PERSPEKTIF KITAB WADHAIF AL-MUTA'ALLIM

Fathur Rohman (Universitas Islam Nahdlatul Ulama' Jepara)
Aan Wahyudin (Universitas Islam Nahdlatul Ulama' Jepara)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kitab Wadhaif al-Muta'allim karya KH. Zainal Abidin Munawwir Krapyak Yogyakarta. Tujuan penelitian difokuskan untuk menggali konsep pendidikan islam integratif-interkonektif yang terdapat dalam kitab Wadhaif al-Muta'allim, baik secara eksplisit maupun implisit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Oleh karena itu, pengumpulan data dilakukan hanya dengan dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah analisis isi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa semua ilmu, baik ilmu agama ataupun umum, menurut Wadhaif al-Muta'allim bersumber dari Allah Swt. Oleh karena itu, Wadhaif al-Muta'allim menganjurkan agar tidak mempelajari satu ilmu saja dan meninggalkan yang lain. Selain itu, Wadhaif al-Muta'allim membagi ilmu menjadi tiga jenis, yaitu ilmu agama, ilmu lisan, dan ilmu kehidupan. Ilmu agama menjadi poros utama dalam pendidikan islam dengan didukung dan ditunjang oleh ilmu lisan dan ilmu kehidupan. Dalam praktik pendidikan, ketiga ilmu tersebut harus saling bertegur sapa dan bahu membahu satu sama lain untuk mewujudkan muslim yang cendekia dan berkahlak mulia. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

alhikmah

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman diterbitkan oleh Institut Agama Islam Al-Hikmah Tuban yang terbit sejak tahun 2011. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, sharî‘ah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret ...