Education and Counseling Journal
Vol 1 No 2 (2021): : EDISI AGUSTUS

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

rini rini (universitas dharmas indonesia)
Rauldatul Husni (universitas dharmas indonesia)
Gingga Prananda (universitas dharmas indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas III SDN 30/II Tanjung. Proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 30/ II Tanjung. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2020/2021, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan PPKn kelas SDN 30/ II Tanjung. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikasi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan penelitian, bahwa model Numbered Head Together (NHT). memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar PPKn. Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif serta model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...