Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengawasan kerja pegawai terhadap efektifitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kota Sorong. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya mewujudkan pengawasan kerja pegawai terhadap efektifitas pelayanan di Dinas Pendidikan Kota Sorong. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Identifikasi, Interview, Observasi, Studi kepustakaan. Populasi penelitian adalah Dinas Pendidikan Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran dan tanggung jawab  kepala  dinas  untuk  mencapai  tujuan organisasi  yang  pertama dan  utama harus diarahkan kepada pembinaan profesionalisme pegawai, hal ini  didasarkan  pada pemikiran bahwa reformasi apapun yang dilakukan dibidang pekerjaan bermuara pada kinerja pegawai, sehingga peningkatan kualitas  kerja pegawai  melalui pembinaan profesinya merupakan keniscayaan. 2) Strategi yang  digunakan  kepala  dinas  untuk membina dan meningkatkan kinerja pegawai diantaranya:  a ) Bertindak dan  bijaksana, b) Menyugesti untuk menghilangkan kejenuhan,  c) Menyediakan  fasilitas  dan kebutuhannya,  d) Menggerakkan semangat, e) Menciptakan rasa aman,  dan f) Memberi penghargaan terhadap prestasi pegawai baik berupa materi, fasilitas maupun social reward. 2) Peran  dan  strategi  yang  diterapkan  kepala dinas dibarengi dengan keteladanan dan  adanya  iklim  kerja  yang harmonis dan kondusif, mampu memotivasi pegawai bekerja giat, penuh  semangat  dan berdedikasi serta memenuhi kualifikasi pekerjaan  yang  simultan  yaitu  terampil mengerjakan, mempunyai integritas dan mampu melakukan social adjustments dalam masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019