Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Pemanfaatan Tepung Jagung (Zea Mays L) dan Tepung Kepala Ikan Teri (Stoephorus Sp.) pada Pakan Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus)

Yusni Juniar Letari (Budidaya Perairan, Universitas Mataram)
Salnida Yuniarti Lumbessy (Budidaya Perairan, Universitas Mataram)
Dewi Putri Lestari (Budidaya Perairan, Universitas Matarami)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh formulasi pakan dengan pemanfaatan tepung kepala ikan teri dan tepung jagung pada budidaya ikan nila (O. niloticus). Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan formulasi pakan dan tiga kali ulangan yaitu, penambahan tepung kepala ikan teri 100 %: tepung jagung 0 % (P0), tepung kepala ikan teri 85 %: Tepung jagung 15 % (P1), tepung kepala ikan teri 70 %: Tepung jagung 30 % (P2) dan tepung kepala ikan teri 55 %: Tepung jagung 45 % (P3). Ikan nila yang digunakan berukuran 6-7 g dan dipelihara selama 50 hari.Data dianalisis dengan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan mutlak dan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, tingkat kelangsungan hidup, serta kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan penambahan tepung kepala ikan teri 100% memberikan hasil terbaik dengan nilai pertumbuhan berat dan panjang adalah 9,22 g dan 3,57 cm, laju pertumbuhan spesifik 1,8 %/hari, rasio konversi pakan 1,53, efisiensi pemanfaatan pakan 65,49%, dan tingkat kelangsungan hidup 83,33%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...