Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan yang dilakukan pada mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia selama adanya pandemi Covid. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa semester satu kelas A dan B prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Melakukan validasi isi sebelum menggunakan kuesioner. Kuesioner diisi melalui google form. Link pengisian kuisioner dikirimkan melalui grup WhatsApp masing-masing kelas. Sebanyak tujuh belas item pertanyaan terdapat pada kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa. Kuisioner yang diberikan berupa pertanyaan essay. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia lebih menyukai aplikasi google meet dari pada aplikasi zoom, aplikasi WhatsApp, maupun aplikasi google Classroom. Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dinilai cukup efektif dilaksanakan selama adanya pandemi Covid. Adapun masalah yang sering dihadapi mahasiswa selama proses pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) berkaitan dengan jaringan internet yang kadang tidak lancar sehingga tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal, kuota tidak mencukupi karena semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, fasilitas pendukung pelaksanaan pembelajaran daring yang kurang memadai seperti laptop dan handphone, suasana belajar yang kadang tidak nyaman jika dilakukan di rumah, dan kurang maksimalnya pelayanan yang diterima mahasiswa dari beberapa dosen yang mengajar.
Copyrights © 2022