Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 1 No 2 (2021): AGUSTUS

PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL KABUPATEN MALANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Primadhani, Shera Rizka (Unknown)
Wibowo, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran gambar seri yang valid digunakan dalam pembelajaran matei IPA, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi media pembelajaran gambar seri. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development). Produk yang dikembangkan yakni bagian-bagian tumbuhan keunggulan lokal Kabupaten Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Uji coba produk terdapat 2 kelompok, yakni uji coba produk kelompok terbatas dengan 6 orang responden, dan uji coba produk kelompok utama dengan 35 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar seri valid diperoleh presentase 96,2%. Motivasi belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat pada hasil pretest postest dan angket motivasi siswa 79%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media agar siswa semakin termotivasi dalam belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...