Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 1 No 2 (2021): AGUSTUS

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Azis, Khusnul Khotimah (Unknown)
Wibowo, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Inovasi dalam menerapkan metode atau model perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen Nonequivalent Control Group yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara random. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Subyek penelitian adalah 41 siswa kelas III SDN 2 Sumberejo Kecamatan Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57% dan nilai posttest sebesar 78% dengan persentase peningkatan sebesar 21%. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 47% dan nilai posttest sebesar 63% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Hasil uji t = 2,097 Sig. 0,043 < 0,05 dan dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik yang menggunakan model TPS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...