Perilaku prososial merupakan suatu perilaku yang dimana ketika individu memberikan bantuan ataupun pertolongan kepada orang lain tanpa ada benefit ataupun hal yang diterima bagi individu yang memberikan bantuan tersebut. Telah banyak penelitian yang dilakukan tentang kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa yang dimana hasilnya memiliki keterkaitan akan tinggi rendahnya perilaku prososial siswa. Teknik yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik studi meta-analisis yang diamana bertujuan untuk meneliti hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa. Penelitian ini melakukan reviu yang melibatkan 7 studi jurnal yang berkaitan dengan perilaku prososial siswa pada 10 tahun terakhir, dengan jumlah responden sebanyak 1.057. Hasil dari penelitian studi meta-analisis ini menunjukkan adanya korelasi yang large effect size sebesar r=0.56 (95%CI= 0.443,0.659) confidance intervalnya akan ada heterogeneity ????²=83,2% 80%, maka meta-analisis ini menggunakan random effects dari hasil tersebut mengindikasikan kecerdasan emosional berkorelasi dengan perilaku prososial siswa secara langsung dikarenakan memiliki large effect size, namun tetap ada fakto-faktor lain yang juga memiliki nilai korelasi yang lebih kecil dari pada kecerdasan emosional.
Copyrights © 2022