PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 8 No 3 (2020)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Shavira Mitha Febriza Santoso (Universitas Negeri Surabaya)
Mohammad Budiyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Model pembelajaran yang diterapkan digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP pada materi getaran dan gelombang.. Penelitian dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-F dan 32 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Buduran dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep siswa, pada kelas VIII-F setelah diterapkannya model pembelajaran guided discovery dengan memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan pada kelas VIII-G memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery sebagai model pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP.Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery, Pemahaman Konsep Siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...