PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 9 No 1 (2021)

KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Valencya Risma Agatha (Universitas Negeri Surabaya)
Mohammad Budiyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemisahan campuran. Penelitian ini merupakan jenis Research & Development (R&D) dengan model 4-D (Four-D), yang kemudian diadaptasi menjadi 3-P (Pendefinisian, Perancangan, dan Pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil telaah berupa saran dan revisi yang dilakukan. Data validasi yang diperoleh berupa penilaian terhadap perangkat pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnosains unruk meningkatkan hasil belajar siswa. Skor rata-rata dari hasil penelitian berdasarkan validitas inernal secara keseluruhan adalah sebesar 88,75% dengan kriteria sangat layak digunakan. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa LKPD berbasis etnosains ini layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: LKPD, Etnosains, dan Peningkatan Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...