Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket terhadap 9 orang guru di SDN 18 Pekanbaru. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Software Macromedia Flash yang diteliti terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan semangat mengajar guru di SDN 18 Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran Software Macromedia Flash Terhadap Semangat Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS di SDN 18 Pekanbaru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020