Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika

Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Dalam Mengerjakan Soal Uraian Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana

Farizal Arbi Fauzan (Unknown)
Supurwoko Supurwoko (Universitas Sebelas Maret)
Suharno Suharno (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian materi Gerak Harmonik Sederhana, (2) mendeskripsikan penyebab kesalahan siswa, (3) mengatasi agar kesalahan tidak terjadi kembali dalam mengerjakan soal uraian materi Gerak Harmonik Sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2018/2019. Data utama dalam penelitian ini adalah jawaban tes tertulis siswa, sedangkan hasil kegiatan observasi dan wawancara merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) teknik yaitu teknik tes dan teknik wawancara. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi data. Jenis Kesalahan yang siswa lakaukan dalam mengerjakan soal uraian pada materi gerak harmonik sederhana adalah kesalahan Encoding, yaitu sebesar 1569,35 %"> , kesalahan Process Skill sebesar 67,74 %, kesalahan Transformation sebesar 46,77 %, kesalahan Comprehension sebesar 10 % dan kesalahan reading sebesar 1,9 %. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian Fisika pada materi Gerak Harmonik Sederhana terjadi karena siswa belum memahami konsep dengan matang, terburu-buru dalam mengerjakan soal, tidak bisa menentukan persamaan, dan kurang teliti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of the articles published in Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) deal with a broad range of topics in the fields of physics learning education, learning technologies, assesment of physics education and another section related method of learning in physics education. Physics ...