Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika

Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat

Anisa Satya Sandy (Universitas Sebelas Maret)
Supurwoko Supurwoko (Universitas Sebelas Maret)
Surantoro Surantoro (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Momentum dan impuls dengan penerapan remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Guided Discovery Learning . Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Kebakkramat. Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 69,72 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 77,78. dari analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5 %, thitung = 7,680 > ttabel = 1,688. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari 47,2 % menjadi 100%. Kata kunci: Remediasi, Guided Discovery Learning, Kognitif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of the articles published in Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) deal with a broad range of topics in the fields of physics learning education, learning technologies, assesment of physics education and another section related method of learning in physics education. Physics ...