Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 15 No 2 (2020)

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti

Suhaimi Suhaimi (Program Studi PGSD, Universitas Lambung Mangkurat)
Nasidawati Nasidawati (Program Studi PGSD, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bangun Ruang menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dengan Media Bangun Ruang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Handil Bakti Kec. Alalak Kab. Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/C yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dimana 100% berada dalam klasifikasi aktif dan sangat aktif. Hasil belajar juga terjadi peningkatan dimana pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan klasikal 43,75%, siklus I pertemuan 2 ketuntasan klasikal 78,12%, siklus II pertemuan 1 ketuntasan klasikal 86,7%, dan siklus II pertemuan 2 ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dengan Media Bangun Ruang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bangun Ruang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...