Jurnal Pendidikan Hayati
Vol 3 No 2

Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin Pada Konsep Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri

Mardiningsih Mardiningsih (Unknown)
Saliyem Saliyem (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Pembelajaran Ekosistem di kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin sebagian besar masih dilakukan secara konseptual. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan tujuan dari disajikannya mata pelajaran Biologi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan proses, hasil belajar, respon siswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan pengelolaan pembelajaran terhadap kegiatan konsep Ekosistem menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, Masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan setara dengan 3 jam pelajaran. Pada Siklus I membahas Ekologi, ekosistem, komponen penyusun Ekositem dan Pola Interaksi, Siklus II membahas tentang Piramida ekologi dan Daur Biogeokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuirih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XMipa 1 SMA Negeri 7 Banjarmasin pada konsep Ekosistem. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar kognitif produk siswa pada Siklus I sebesar 69,4% dan pada Siklus II sebesar 97,2%. Hasil belajar kognitif proses siswa pada Siklus I sebesar 75,5 dan pada Siklus II sebesar 81,3, ini menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pada hasil keterampilan proses siswa selama pembelajaran pada Siklus I dan Siklus II tergolong baik. Proses pembelajaran sudah berpusat pada siswa, pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Library & Information Science Other

Description

Berisi artikel-artikel ilmiah baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing, yang memuat tentang kependidikan dan kajian ilmu - ilmu pengetahuan alam dan sosial dan memfasilitasi publikasi hasil-hasil penelitian maupun pemikiran konseptual serta turut mengembangkan pendidik dan dunia ...