Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 1, No 1 (2020): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Peran Orang Tua Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Iin Fatimah (Universitas Negeri Makassar)
Agus Syam (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Rakib (Universitas Negeri Makassar)
Rahmatullah Rahmatullah (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Hasan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi kewirausahaan dan peran orangtua terhadap kesiapan berwirausaha (Suatu Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar)”. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket (kuisioner). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 329 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 - 2018 dan ditarik sampel sebanyak 66 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel literasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha, dan variabel peran orangtua berpengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha  Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar, sedangkan secara simultan variabel Literasi Kewirausahaan dan Peran Orangtua berpengaruh positif terhadap Kesiapan Berwirausaha  Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...