Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta belum adanya variasi belajar yang berbeda dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hal ini merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan media game edukasi berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi yang valid dan praktis pada materi matematika untuk kelas II.Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Model pengembangan yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, distribusi. Validasi media dilakukan 2 orang dosen program studi pendidikan informatika dan validasi materi dilakukan oleh 3 orang dosen program studi pendidikan matematika. Data praktikalitas diambil dari data angket dan wawancara.Hasil pengujian media pembelajaran berbasis game edukasi oleh validator media menunjukan bahwa game edukasi sangat valid dengan persentase penilaian 90,66%, penilaian game edukasi oleh validator materi 92% dengan kriteria sangat valid, penilaian kepraktikalitasan oleh guru 91,92% dengan kriteria sangat praktis dan hasil wawancara siswa kelas II sangat menarik dan menyenangkan. Dan dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis Adobe Flash sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.   Kata kunci: Game, Edukasi, R&D, MDLC
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022