TECHSI - Jurnal Teknik Informatika
Vol 13, No 1 (2021)

Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan (Pewandakan) Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Rahmat Robi Waliyansyah (Universitas PGRI Semarang)
Febrian Murti Dewanto (Universitas PGRI Semarang)
Irfan Nur Ridwan (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya merupakan salah satu dari sub tema dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Game edukasi menjadi solusi alternatif agar dapat membantu dalam mendukung proses memahami ilmu pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya yang dilakukan saat kegiatan mengajar maupun di luar jam pelajaran. Ditambah dengan penerapan teknologi augmented reality pada fitur belajar serta adanya permainan yang interaktif yang dapat meningkatkan minat pengguna dalam mempelajarinya. Game edukasi ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Selanjutnya aplikasi ini diuji menggunakan User Acceptance Test (UAT). Berdasarkan hasil pengujian menggunakan UAT dengan 3 pendekatan, diperoleh hasil bidang kemanfaatan = 86,25%, kemudahan = 86% & bentuk = 85%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

techsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Focus and Scope The fields covered in the scope of TECHSI include: Artificial Intelligence Computer Graphics and Animation Image Processing Cryptography Computer Network Security Modelling and Simulation Information Retrieval Information Filtering Multimedia Bioinformatics and Telemedicine Computer ...