Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Tam-Tam Buku terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap 15 orang anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. mengunakan metode sampling jenuh. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis Kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan penggunaan permainan tradisional Tam-Tam Buku terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan perkembangna sosial emosional anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya penggunaan permainan tam tam buku memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak Usia 4-5 Tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Dimana permainan tradisional Tam-Tam Buku merupakan permainan yang dimainkan secara kelompok terdapat atau terjalinnya interaksi antar setiap pemain sehingga terdapat kontak sosial dan emosional anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020