cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 97 Documents
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK AL-MULK KAMPAR: Arismawati, Nini Aryani, Nopa Wilyanita Arismawati Arismawati; Nini Aryani; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Tam-Tam Buku terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap 15 orang anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. mengunakan metode sampling jenuh. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis Kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan penggunaan permainan tradisional Tam-Tam Buku terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan perkembangna sosial emosional anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya penggunaan permainan tam tam buku memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak Usia 4-5 Tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Dimana permainan tradisional Tam-Tam Buku merupakan permainan yang dimainkan secara kelompok terdapat atau terjalinnya interaksi antar setiap pemain sehingga terdapat kontak sosial dan emosional anak.
ANALISIS KREATIFITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARANAN GAMBAR DI TK AL-KHAIRIYAH KUBANG JAYA: Dahliana, Rahmah, Syalwa Dahliana Dahliana; Rahmah Rahmah; syalwa syalwa
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaranan di TK Al-Khairiyah Kubang Jaya. Maka rumusan penelitian ini adalah Apa Faktor-faktor yang menyebabkan guru kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran gambar di TK Al-Khairiyah Kubang JayaAdapun Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap anak dan orang tua anak sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit tentang kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaranan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwasannya guru merasa ketersediaan media pembelajaran gambar yang sudah cukup disekolah menjadi salah satu kurangnya dalam mengembangkan kreatifitasnya. Keterbasatan waktu yang dimiliki guru selain media gambar yang sudah cukup juga menjadi salah satu guru kurang mengembangkan kreatifitasnya guru sibuk dengan aktivitas mengajar. Kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran guru kurang memiliki motivasi yang tinggi disekolah, guru kurang semangat dalam membuat media pembelajaran beberapa faktor diantaranya ialah karena keterbatasan waktu sehingga kurang mengoptimalkan dalam membuat media pembelajaran gambar dan juga karena media pembelajaran gambar yang tersedia disekolah sudah cukup untuk kegiatan proses belajar mengajar.
ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR: Hamnah, Susi Herlinda, Santi Kusuma Dewi Hamnah Hamnah; Susi Herlinda; Santi Kusuma Dewi
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ANIMASI NUSSA DAN RARA DI RA.PUTIH EMBUN PELALAWAN: Imaria Rutina, Susi Herlinda, Nopa Wilyanita Imaria Rutina; Susi Herlinda; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh masih rendahnya Moral Anak di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih yaitu dapat dilihat dari fenomena-fenomena sebagai berikut: Masih ada anak yang berkata kurang sopan kepada teman lainnya, masih ada anak yang mengambil peralatan belajar milik temannya tanpa izin, masih rendahnya rasa tolong-menolong pada anak di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Nussa dan Rara di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, yaitu peneliti melakukan pengamatan ketika pelaksanaan tidakan berlangsung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tiga siklus, siklus pertama diketahui bahwa peningkatan moral anak secara klasikal mencapai 13.33% dengan klasifikasi belum meningkat. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka peningkatan moral anak meningkat yaitu sebesar 66.67% dengan kategori meningkat sesuai harapan. Namun peningkatan klasikal belum mencapai 75%. Sedangkan siklus III, peningkatan moral anak secara klasikal mencapai 86.67% dengan kategori meningkat sangat baik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Film Animasi Happy Holy Kids dapat meningkatkan moral anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan.
PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SINGINGI Desi Perwanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di Kec. Pucuk Rantau Kab. Kuantan SingingiAnalisis kuantitatif melalui uji regresi linier sederhana yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas kelompok kerja guru terhadap variabel terikat kompetensi pedagogik guru. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu kelompok kerja guru (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa koefisien regresi bertanda positif. Dari model regresi tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu Kelompok kerja guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru (Y) dengan nilai regresi 1,385 dan nilai t hitung sebesar 24,948 lebih besar dar t tabel sebesar 2,021 dengan tingkat signifikansi 0,000. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelompok kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru. Saran kepada guru diharapkan ikut berperan aktif mengikuti setiap kegiatan kelompok kerja guru sebagai wadah atau tempat berbagi ilmu dan ide gagasan terkait dengan kegiatan pembelajaran disekolah sebagai salah satu solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi disekolah.
KINERJA GURU TK YANG SUDAH SERTIFIKASI DI KECAMATAN SUKAJADI Dwi Lestari Ningsih
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Semua guru yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 30 orang. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dibahas pada bab terdahulu tentang kinerja guru TK yang tersertifikasi dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru pada unsur kualifikasi dan tugas guru berada pada kategori sedang yaitu 70.9 %, Kinerja guru pada unsur pengembangan profesi guru sudah berada pada kategori sedang, yaitu 67% dan Kinerja guru TK tersertifikasi pada unsur pendukung profesi guru sudah berada pada kategori tinggi pada indikator menjadi pengurus organisasi kependidikan/sosial yaitu 74.2 %.
PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS AUD PAUD PERMATA RUMBAI Eldawanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motorik halus anak di PAUD Permata Rumbai. Untuk itu, diperlukan suatu tindakan yang kongkret agar dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan motorik halus anak, yaitu dengan kegiatan bermain pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain pasir pada anak usia dini di PAUD Permata Rumbai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak lokal B PAUD Permata Rumbai yang berberjumlah sebanyak 18 orang anak dengan rincian 9 orang lakilaki dan 9 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemberian kegiatan bermain pasir terhadap motorik halus anak usia dini di PAUD Permata Rumbai. Hal ini dapat diketahui dari terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini dari data awal hingga ke siklus III. Pada Data awal diperoleh persentase 38,4%, pada siklus I diperoleh persentase 52,8%, pada siklus II diperoleh persentase 69,4% dan pada siklus III diperoleh persentase 81,2%.
PENERAPAN BERMAIN ACAK GEOMETRI SENTRA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN Elmiwati
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dapat menerapkan dan meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di TK.Aisyiyah II Pekanbaru. Bentuk teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dilakukan pada pelaksanaan tindakan berlangsung, guru mengamati kemampuan anak tentang konsep bentuk geometri, pengertian bentuk-bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri serta studi dokumentasi, teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan penerapan bermain acak geometri guna meningkatkan minat anak dalam belajar pada usia 5-6 tahun terhadap sentra matematika di TK. Aisyiyah II Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, pada siklus pertama diketahui bahwa tingkat minat belajar anak telah memcapai 39% dengan klasifikasi “belum berkembang” dan 52.8% “mulai berkembang”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 58.5% dengan klasifikasi “berkembang sesuai harapan” dan 82.8% “berkembang sangat baik”. Dari data ini menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan bermain acak geometri di sentra matematika untuk meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di Tk.Aisyiyah II Pekanbaru” dapat diterima oleh anak, artinya apabila diterapkan bermain acak geometri sentra matematika dalam proses pembelajaran anak secara benar akan dapat meningkatkan minat belajar anak.
PELAKSANAAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN DI PAUD NURHIDAYAH KABUPATEN KAMPAR Khodijah
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengenalkan konsep bilangan dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode field trip dalam pembelajaran di PAUD Nurhidayah Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data utama adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah : (1) mereduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Nurhidayah dan objek penelitian adalah Pelaksanaan metode field trip dalam pemabelajaran guna meningkatkan konsep bilangan pada anak. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang anak. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan, dari 21 anak yang diobservasi 11,57% “Berkembang Sangat Baik” (BSB), 58,5% “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH) dan Mulai Berkembang (MB) 29,93%. Namun pihak lembaga masih belum mengerti pentingnya kegiatan ini dalam pembangan anak.
PENERAPAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Kiki Yuslinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu:1) Dengan menggunakan penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru . Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan-perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan media pasir, 2) Kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru tahun dengan menggunakan media pasir mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,5% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 54,1% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 77,7% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Peningkatan yang terjadi dari data awal ke siklus I sebesar 14,6%, nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 23,7%, dan peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke siklus II sebesar 38,3%

Page 1 of 10 | Total Record : 97