Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Semua guru yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 30 orang. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil analisis data yang telah dibahas pada bab terdahulu tentang kinerja guru TK yang tersertifikasi dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru pada unsur kualifikasi dan tugas guru berada pada kategori sedang yaitu 70.9 %, Kinerja guru pada unsur pengembangan profesi guru sudah berada pada kategori sedang, yaitu 67% dan Kinerja guru TK tersertifikasi pada unsur pendukung profesi guru sudah berada pada kategori tinggi pada indikator menjadi pengurus organisasi kependidikan/sosial yaitu 74.2 %.
Copyrights © 2020