JURNAL TALENTA
Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019

PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK AL-ULUM KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Bernawati Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Ulum Kecamatan Tampan Pekanbaru. Metode penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru pendamping telah melaksanakan perannya dengan baik dalam merencanakan kegiatan program pendidikan, menetapkan kegiatan bermain, merencanakan kegiatan yang disusun berdasarkan kelompok usia, melaksanakan proses pendidikan, memilih dan menggunakan media, memberikan motivasi, memberikan bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak dan juga melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru pendamping dan juga guru pendamping berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan-keterampilan dalam meningkatkan tingkat perkembangan anak yang membutuhkan bantuan dan bimbingan khusus dari peran guru pendamping dan juga guru pendamping membantu menyiapkan bahan perencanaan pembelajaran dari mulai perencanaan kegiatan dan juga hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sebagaimana tugas seorang guru taman kanak-kanak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...