Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif (APE) rumah pintar dalam mengembangkan kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Al-Khairat Pekanbaru. Adapun Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap guru kelas TK Al-Khairat Pekanbaru untuk mendapatkan gambaran kokrit tentang penerapan alat permainan edukatif rumah pintar dalam pengembangan kemampuan membaca awal anak di TK Al-Khairat Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dalam membaca awal sudah baik anak sudah dapat menulis kata dari lambang yang ditunjukkannya melalui alat permainan edukatif rumah pintar walaupun terkadang anak mengalami kesulitan pada saat menulis kata dari lambang yang ditunjukkan guru melalui alat permainan edukatif rumah pintar walaupun terkadang anak menuliskan kata ada huruf yang salah ataupun terbalik karena memang dalam kegiatan menulis ataupun kemampuan menulis anak masih pada tahap proses belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020