Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan diri dapat ditingkatkan melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun Di TK Insan Madani Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 di TK Insan Madani Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kepercayaan diri anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 40% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,7% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,1% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
Copyrights © 2020