Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Desain Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Adhyaksa Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak yang terdaftar sebagai anak Tk Adhyaksa pekanbaru, yang berjumlah 70 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu : B1 sejumlah 24 orang anak, B2 sejumlah 25 dan B3 sejumlah 21 orang anak sedangkan yang di jadikan sampel adalah seluruh anak yang di kelas B1 dan B2 yang berjulah 50 orang Anak. Berdasarkan hasil Analisis Compare Paired Sampel T Test skor sebelum perlakuan dan setelah perlakuan menunjukkan thitung sebesar -4.794. Pada taraf signifikansi 0,05 dan df sebesar 49 diperoleh ttabel sebesar 2,010. Dengan demikian thitung (-4.794) > ttabel (2,010) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) sehingga Ho ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh desain pembelajaran terhadap hasil belajar anak Usia 5-6 Tahun Di TK Adhyaksa Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Pada kelompok postest kelas kontrol dan kelas eksperimen t hitung > t tabel, (-2.958 > 2,010 dan signifikansi < 0.05 (0,005 < 0.05), maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen . Dari perhitungan dengan SPSS dapat pula diketahui bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh desain pembelajaran terhadap hasil belajar anak Usia 5-6 Tahun Di TK Adhyaksa Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru.
Copyrights © 2020