Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis anak di TK Asyiyah II Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Asyiyah II Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari Kemampuan menulis anak usia 5-6 di TK Asyiyah II Pekanbaru tahun dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,3% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 80,2% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
Copyrights © 2020