Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar Full Day di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru dan orangtua/wali murid di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar full day. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa strategi peningkatan kemandirian anak dapat ditingkatkan melalui system belajar full day karena system belajar full day memiliki strategi-strategi dalam membentuk anak-anak yang mandiri, strategi tersebut antara lain adalah dengan membuat penjadwalan kegiatan full day, variasi kegiatan full day agar kegiatan dalam full day tidak membosankan, penyesuaian terhadap penggunaan metode pembelajaran dalam full day, dan keberadaan guru sebagai supervisi dalam pembelajaran. Hal ini terwujud karena system belajar full day adalah salah satu system yang mengajarkan anak dengan kebiasaan dan latihan terus menerus untuk menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab, memiliki keutamaan agama dan nilai-nilai ibadah sesuai dengan visi TK IT BPMAA Kota Pekanbaru yaitu mewujudkan anak bangsa yang beraqidah, berakhlak islami, disiplin, mandiri, kreatif dan ceria
Copyrights © 2020