JURNAL TALENTA
Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5 – 6 PEKANBARU

Ihsan Widiantono (02)
Evi Wandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2020

Abstract

Dalam pengembangan emosional anak tidak terlepas dari keterlibatan orangtua dan guru serta kerjasama yang kuat antara keduanya. Apabila kurang perhatian dari orangtua dan guru, maka akan membawa dampak yang tidak baik bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Ar Rahim Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2013/2014 yaitu pada bulan April-Juni 2013 dengan jumlah responden sebanyak 35 orang yang merupakan orang tua dari anak didik di TK Ar Rahim Pekanbaru. Analisa data pada uji t terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru didapatkan bahwa pola asuh otoriter, otoritatif, permisif dan demokratis berpengaruh signifikan terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru. Hal ini terlihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,059; 3,219: 2,693; 2,218 > 1,692. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat pola asuh ini yang paling berpengaruh terhadap perkembangan emosional anak adalah pola asuh otoritatif, karena mempunyai nilai thitung yang terbesar (3,219). Pada uji F didapatkan nilai Fhitung (15,497) lebih besar dari Ftabel (2,69). Dapat disimpulkan secara bersama-sama otoriter, otoritatif, permisif dan demokratis memberikan pengaruh terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...