JURNAL TALENTA
Vol. 5 No. 2 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.2 DESEMBER 2014

EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sutra Yelti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Metode Demonstrasi efektif dalam pengembangan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Penelitian ini mengambil tempat di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah efektivitas metode demonstrasi dan kecerdasan intrapersonal anak Usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dan teknik persentase sebagaimana dipaparkan pada pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan Metode demonstrasi efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. skor rata-rata kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang pada observasi awal diperoleh skor rata-rata 63,8% sedangkan setelah menggunakan metode demonstrasi diperoleh skor rata-rata 90%. Artinya bahwa Artinya bahwa metode demonstrasi cukup efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5 – 6 Tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...