Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah kemampuan membaca dapat ditingkatkan dengan permainan hubungan kata anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Bunda Kecamatan Sungai Apit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan permainan hubungan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-6 tahun. Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan-perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan pembelajaran permainan hubungan kata. Kemampuan membaca anak usia 5-6 di TK Kasih Bunda Kecamatan Sungai Apit tahun dengan penerapan permainan hubungan kata mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,3% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 54,9% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,9% dengan kriteria BSB (Berkembang Sesuai Harapan)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020