Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun Di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memberikan perlakuan terhadap variabel penelitian (variabel bebas), kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian (variabel terikat). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yaitu sebanyak 1 kelas yaitu 17 orang anak yang terdapat pada kelas B2 yang berusia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Media gambar memiliki pengaruh sebesar 29,1% terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini menunjukkan nilai 29,1% tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Nilai ini diperoleh dari nilai pre test dan post test. Dimana jumlah skor yang diperoleh dalam pre test sebesar 325 dengan nilai persentase sebesar 47,8%, dan jumlah skor yang diperoleh dalam post test sebesar 523 dengan nilai persentase sebesar 76,9%. Maka besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab adalah 76,9% - 47,8% = 29,1%.
Copyrights © 2019