TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19

Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada Pembentukan Karakter

Rifa’i, Moh (Unknown)
Al Zahra, Fatimah (Unknown)
Abdurrahman, Abdurrahman (Unknown)
Saad, Mukhlisin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Wujud karakter manusia tidak dapat begitu saja lahir dengan perilaku yang baik. Karakter baik perlu ditanamkan dan dibiasakan selalu terjadi pada manusia, di mana ia selalu beraktivitas dan berinteraksi bersama sesamanya. Lembaga pendidikan melalui programnya merupakan tempat yang tepat untuk penanaman dan pembiasaan karakter yang baik. Namun keadaan ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Semua elemen dari struktur tertinggi sampai terendah pada lembaga pendidikan harus bisa menyempatkan, mampu, dan berkemauan untuk berpartisipasi dalam menjadikan karakter baik itu tercipta pada setiap diri peserta didik. Oleh karena itu perlu kebijakan dan manajemen pengembangan kurikulum berbasis karakter yang terencana pada lembaga pendidikan tersebut. Pembahasan dalam artikel ini dianalisis melalui berbagai referensi (pustaka) tentang manajemen pendidikan karakter kontemporer, dikuatkan melalui observasi dan interview terhadap beberapa pihak pemangku lembaga pendidikan kontemporer. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen pengembangan kurikulum yang berorientasi pada pembentukan karakter dapat dilakukan melalui kombinasi metode yang integrated dalam kurikulum antara lain, metode uswatun hasanah (role model), simulasi praktik (experiential learning), ikon dan afirmasi (icon and affirmation), kekuatan kharisma (charismatic power), 99 Asma’ul Husna (99 Names of Allah), membangun kesepakatan nilai keunggulan, dan penggunaan metafora dengan tetap memperhatikan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran, prinsip, dan inovasi pengembangan kurikulum berorientasi pada pembentukan karakter baik bagi peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

trilogi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Engineering Public Health Other

Description

The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora ...