Tumbuh Kembang
Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI

PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM ADVENTURE PALEMBANG

Qori Saputri (Universitas Negeri Raden Fatah Palembang)
Kurnia Dewi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di Tk Islam Adventure Palembang masih rendah karena kurangnya ketersediaan alat permainan edukatif dan proses pembelajaran lebih kepada kegiatan menulis sehingga anak kurang tertarik dengan kegiatan mengenal angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media maze terhadap kemampuan mengenal angka dan validitas media maze. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dokumentasi, pretest dan posttest. Hasil analisis uji validasi ahli materi mendapatkan skor 4,8 dengan kategori baik, uji validasi ahli media mendapatkan skor 4,2 dengan kategori baik, penilaian guru mendapatkan persentase 83,75% dengan kategori sangat layak, praktikalitas anak mendapatkan persentase 72% dengan kategori baik. Hasil uji efektivitas media maze diperoleh harga thit>ttable (8,42>2,37). Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mengenal angka dengan menggunakan media maze.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...