Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): May

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG

Siti Naziroh (UIN Raden Fatah Palembang)
Sujinal Arifin (UIN Raden Fatah Palembang)
Retni Paradesa (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Palembang. Metode penelitian ini digunakan adalah metode penelitian eksperimen menggunakan desain The Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dan VIII.B SMP Negeri Muhammadiyah 8 Palembang dengan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol, dan VIII.B sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Palembang yang ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t dengan hasil perhitungan t-hitung = 4,36 dan t-tabel= 1,669.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lenterasriwijaya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ...