Jawa Dwipa
Vol. 1 No. 1 (2020)

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE GAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI TK PERTIWI NGARU-ARU

Niluh Sasmita Dwi Parwati (Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah)
Dewi Ayu Wisnu Wardani (Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah)
MM. Sri Widayati (Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Di antara media pembelajaran,media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Media gambar adalah perwujudan lambang dari hasil peniruan-peniruan benda-benda, pemandangan, curahan pikiran atau ide-ide yang divisualisasikan kedalam bentuk dua dimensi.Bentuknya dapat berupa gambar situasi dan lukisan yang berhubungan dengan pokok bahasan berhitung. Sedangkan di TK gambar disajikan berbentuk gambar putih yang belum diberi warna sehingga bisa diwarnai oleh anak-anak. Di TK atau lingkungan taman kanak-kanak metode gambar lebih sering digunakan karena selain sesuai dengan umur mereka, metode gambar juga lebih sering disukai dibandingkan dengan metode-metode yang lainnya. Metode yang digunakan di TK Pertiwi Ngaru-aru menampilkan gambar-gambar dewa-dewi dalam agama Hindu dan kisah-kisah yang diwujudkan dalam bentuk gambar yang ada warnanya maupun yang hitam putih. Dalam pembelajaran anak-anak akan diceritakan dulu oleh gurunya, setelah itu anak-anak akan disuruh mewarnai sesuai keinginannya masing-masing. Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif tentang Efektifitas Penggunaan Metode Gambar terhadap pembelajaran pendidikan agama Hindu Di TK Pertiwi Ngaru-aru. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan teori Humanistik, Teori Quantum Teaching, dan Teori Behaviorisme. Dari hasil analisis ditemukan bahwa Efektifitas penggunaan metode gambar untuk siswa – siswi terhadap pembelajaran pendidikan Agama di TK Pertiwi Ngaru-aru sebagai berikut: Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngaru-aru atau lebih dikenal TK Pertiwi Ngaru-aru didasari filosofieksistensialis, yakni keyakinan bahwa pendidikan harus menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui proses pendidikan yang bermartabat dan pro perubahan(kreatif, inovatif dan eksperimentatif).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jawadwipa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jawa Dwipa : Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu merupakan Jurnal Online Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah terbit setiap bulan Juni dan Desember yang menerbitkan artikel hasil penelitian mahasiswa, tenaga kependidikan maupun dosen dan artikel yang berkaitan dengan penjaminan ...