Jurnal Pembelajaran Fisika
Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Pembelajaran Fisika

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN FISIKA SMA PADA MATERI MEDAN MAGNET SISWA KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER

Qurrotu A’yunina (Unknown)
Sudarti Sudarti (Unknown)
Subiki Subiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal UN fisika SMA pada materi medan magnet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XII MIPA SMA Muhammadiyah 3 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri atas lima soal UN materi medan magnet yang dimodifikasi dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, presentase rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional (UN) Fisika SMA pada materi medan magnet sebagai berikut: tahap menganalisis sebesar 33.13%, tahap mengevaluasi sebesar 29.77%, dan tahap mengkreasikan sebesar 21.05%. Tahap menganalisis memiliki presentase yang besar sehingga menunjukkan siswa mampu menguraikan informasi (diketahui dan ditanya) serta langkah-langkah penyelesaian soal yang diberikan. Sedangkan tahap mengkreasikan memiliki presentase yang rendah sehingga menunjukkan siswa tidak terbiasa memeriksa kembali jawaban sesuai data yang diketahui dengan langkah-langkah yang runtut

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPF

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF) is a national peer-review and open access journal that publishes research papers covering physics, physics education, and natural science education. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF) publishes 4 editions in 1 volume per year. First published, volume 1 issue 1, as of ...