Chemistry Education Review
Volume 1 Nomor 2 Maret 2018

ANALISIS RELEVANSI MUATAN KURIKULUM PENDIDIKAN KIMIA DI PERGURUAN TINGGI DENGAN MUATAN KURIKULUM KIMIA BERBASIS K-13 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Muhammad Risal (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Danial (Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati . (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang relevansi muatan profesional kurikulum pendidikan kimia di Jurusan Kimia FMIPA UNM dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMAN 17 Makassar dan SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan untuk mengkaji muatan kurikulum kimia serta tingkat relevansi  kedua muatan kurikulum kimia tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji muatan kurikulum pendidikan kimia di Perguruan Tinggi dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMA serta melakukan wawancara kepada civitas akademik Program Studi Pendidika Kimia FMIPA UNM, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan para guru bidang studi kimia SMA. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 20 mata kuliah kimia yang wajib diprogram oleh mahasiswa Pendidikan Kimia dari semester I sampai semester VI serta terdapat 20 materi pokok  mulia dari kelas X sampai kelas XII pada muatan kurikulum Kimia SMA bebasis K-13. Persentase kesesuaian muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia FMIPA UNM terhadap materi pokok Kimia SMA sebesar 95%, sementara persentase kesinambungan materi pokok Kimia SMA dengan mata kuliah sebesar 100%, Persentase muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia di Perguruan Tinggi yang tidak masuk dalam muatan Kurikulum Kimia SMA berbasis K-13 adalah sebesar 5%, sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua muatan kurikulum kimia tersebut memiliki tingkat kerelevanan dengan kategori sangat tinggi.Kata kunci: Analisis Relevansi, Muatan Kurikulum Kimia Berbasis K-13, Muatan Profesional  Kurikulum PSPK.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Chemistry Education Review mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi pendidikan kimia, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran kimia, teori dan praktik pendidikan kimia, pengembangan perangkat dan materi pembelajaran kimia, pendidikan guru kimia, dan kegiatan lainnya yang ...