Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA

Pengaruh Product Features, Advertising Attractiveness, dan Celebrity terhadap Keputusan Penggunaan Platform Media Sosial Tiktok

Dyah Putri Utami (Universitas Putra Bangsa)
Kabul Trifiyanto (Universitas Putra Bangsa)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product features, advertising attractiveness dan celebrity terhadap keputusan penggunaan platform media sosial TikTok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang responden pengguna platform media sosial TikTok dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik yang meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product features, advertising attractiveness, dan celebrity secara parsial dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan platform media sosial TikTok. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,584 artinya bahwa variabel keputusan penggunaan (dependent) yang dijelaskan oleh variabel independent product features, advertising attractiveness, dan celebrity dalam penelitian ini adalah sebesar 58,4% sedangkan 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by LP3M Universitas Putra Bangsa Kebumen. The aim of JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier ...